Program Kerja Sekolah
1. Program Kerja Kurikulum
NO
|
NAMA KEGIATAN
|
1
|
Penyusunan Program Kerja Kurikulum
|
2
|
Penyusunan Peraturan Akademik
|
3
|
Penyusunan Jadwal Pelajaran TP 2023/2024
|
4
|
Pengembangan KOSP SMA Negeri 1 Cisarua Kabupaten Bandung Barat
|
5
|
Pembagian Tugas Mengajar Guru
|
6
|
Penyusunan Panduan dan Modul Projek Profil Pelajar Pancasila
|
7
|
Pengadaan Buku Pemerintah dan Buku Pendamping
|
8
|
In House Training (IHT)
|
9
|
Pembentukan Komunitas Belajar Literasi dan Numerasi Sekolah
|
10
|
Program Persiapan ANBK Tahun 2023
|
11
|
Pemantauan, Monitoring, dan evaluasi Proses Pembelajaran
|
12
|
Kegiatan Workshop Kurikulum Merdeka
|
13
|
Pengembangan Kompetensi TIK Guru
|
14
|
Pelayanan Penelusuran dan pemetaan minat melanjutkan ke Perguruan Tinggi
|
15
|
Asesmen Diagnostik
|
16
|
Projek Profil Pelajar Pancasila
|
17
|
Pameran hasil karya (SMANCIS FAIR)
|
18
|
Sosialisasi Penilaian
|
19
|
Pengembangan dan implementasi e rapor SMA untuk penyusunan Laporan Hasil Belajar Siswa
|
20
|
Kegiatan Penilaian Harian (Ulangan Harian)/Asesmen Formatif
|
21
|
Kegiatan Penilaian Sumatif Tengah Semester
|
22
|
Kegiatan Penilaian Akhir Semester Ganjil
|
23
|
Kegiatan Penilaian Sumatif Akhir Tahun
|
24
|
Kegiatan Penilaian Sumatif Akhir Jenjang
|
25
|
Kegiatan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)/ANBK
|
26
|
Pelaporan Hasil Belajar Siswa Secara Periodik
|
2. Program Kerja Sarana
A. Program Umum
-
Membantu tugas kepala sekolah di dalam penyelenggaraan kegiatan sekolah sehari- harinya terutama menyangkut urusan penyediaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana.
-
Menyedikan, mengatur, memelihara sarana dan prasarana sekolah dengan pelaksanaan kegiatan sekolah dan proses belajar mengajar dapat berjalan dengan tertib dan lancar. Tentu saja hal ini tidak lepas dari pengawasan.
-
mengupayakan kepada seluruh aparat penyelenggara sekolah (guru, karyawan, maupun siswa) akan pentingnya kesadaran diri untuk ikut memelihara keindahan dan kebersihan lingkungan sekolah sebagai unsur ketahanan sekolah.
-
Memikirkan, mengusahakan sarana dan prasarana yang belum ada/diadakan serta mengganti memperbaiki sarana dan prasarana yang telah rusak.
-
Menyusun rencana kebutuhan sarana dan prasarana sekolah.
-
Mengkoordinasikan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah
-
Mengelola dalam pembiyaan alat-alat pengajaran
-
Menyusun laporan pelaksanaan urusan sarana dan prasarana sekola
B. Program Khusus
Program khusus ini dilaksanakan secara rutin yang meliputi :
-
Pemeliharaan kebersihan dan keindahan sekolah serta lingkungan secara teratur dengan meningkatkan tugas kerja karyawan.
-
Menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam menyelenggarakan sekolah seperti alat tulis menulis serta kertas dan lain-lain.
-
Mencatat dan mangawasi penggunaan sarana dan prasarana sekolah secara teratur agar setiap saat dapat diketahui.
-
Pembinaan tenaga karyawan baik bagian kebersihan maupun bagian pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah agar mereka sadar dan mampu meningkatkan partisipasi di dalam menunjang penyelenggaraan sekolah sesuai dengan tugasnya masing-masing.
-
Mengikutsertakan pamong, karyawan serta siswa agar ikut memelihara sarana dan prasarana yang ada disekolah, begitu pula mengenai kebersihan serta keindahan sekolah dengan lingkungannya
-
Mengkoordinir kebersihan ruangan kelas, ruang guru dan ruiang kepala sekolah setiap hari.
-
Mengkoordinir kebersihan halaman sekolah, kebersihan taman, kebersihan kamar kecil serta kebutuhan air kamar kecil setiap hari.
C. Program Jangka Pendek
-
Pengaturan kelas/ruang kelas meliputi pengaturan meja guru, meja siswa, kursi guru dan kursi siswa, pemberian tanda atau nama ruang agar teratur dan rapi. Dilaksanakan dan dipersiapkan pada awal tahun pelajaran Sewaktu-waktu bisa terjadi perubahan formasi.
-
Pengadaan alat administrasi guru, TU dan kelas, yang meliputi buku jurnal, buku absen kelas, buku absen guru mata pelajaran, tata tertib siswa, alat tulis kantor (ATK). Tujuannya agar fungsi masing-masing bisa berjalan dengan lancar dan jelas. Dilaksanakan dan dipersiapkan pada awal tahun pelajaran Sewaktu-waktu bisa terjadi penambahan atau pengurangan serta pergantian alat administrasi sesuai dengan kebutuhan.
-
Pengadaan alat kebersihan, yang meliputi sapu, ember, serbet, tempat cuci tangan, penyemprot nyamuk, sabun cuci/pembersih kaca, penyapu bulu, tong sampah, pengharum ruangan dan wc, alat pel lantai dan lain-lain, agar terjaga kebersihan semua ruangan dengan baik. Dilaksanakan pada awal tahun ajaran dan kontinyu Sewaktu-waktu akan terjadi penambahan terhadap barang yang cepat habis pakai sesuai dengan kebutuhan
-
Pengadaan alat penerangan, meliputi lampu pijar, lampu TL, lampu sorot, senter, agar semua ruangan dan lingkungan sekolah menjadi terang. Dilaksanakan pada awal tahun pelajaran bersifat rutin dan kontinyu Sewaktu-waktu akan terjadi penggantian alat penerangan
-
Pengadaan alat keamanan, seperti kunci, rantai kunci gembok, teralis, pagar sekolah, agar sekolah terjaga dari gangguan keamanan. Dilaksankan pada awal tahun pelajaran dan rutin Sewaktu-waktu akan ada pergantian alat keamanan sesuai kebutuhan
-
Pengadaan alat tanda bunyi, seperti bel untuk memberikan kode atau bunyi tanda masuk, istirahat atau pulang sekolah Dilaksanakan pada awal tahun pelajaran
-
Pengadaan alat sound system, seperti microphone, speaker, amplifier, mixer, power, wireless, tape recorder, megaphone, untuk membantu kelancaran seperti upacara, pemberian informasi, kegiatan senam, kegiatan eskul kesenian, dll. Dipersiapkan pada awal tahun pelajaran
-
Pengadaan alat elektronik, seperti telivisi, komputer, LCD, OHP, LCD Projektor, Printer, modem, flashdisk, dll dengan maksud untuk mempermudah dan mempercepat proses administrasi sekolah dan juga sebagai alat dan media pembelajaran. Dipersiapkan pada awal tahun pelajaran
-
Pengadaan alat kebersihan lingkungan, seperti alat pemotong rumput, mesin pemotong rumput, agar lingkungan sekolah seperti halaman sekolah bisa terjaga kebersihannya. Dipersiapkan pada awal tahun pelajaran Sewaktu-waktu diadakan perawatan
-
Pengadaan ruang kelas baru, karena setiap tahun terjadi penambahan jumlah siswa maka penambahan ruang kelas baru ini menjdi penting Disesuaikan dengan kondisi keuangan sekolah
-
Pengadaan dan penataan pasilitas olahraga, dengan tujuan agar eskul olah raga menjadi lancar Disesuaikan dengan kondisi keuangan sekolah
-
Pengadaan alat-alat kesenian terutama alat kesenian, dengan tujuan agar eskul kesenian menjadi lancar dan juga dapat menggali potensi siswa di bidang kesenian, disesuaikan dengan kondisi keuangan sekolah
-
Penambahan ruang wc, kondisi wc yang ada tidak seimbang dengan jumlah siswa Disesuaikan dengan kondisi keuangan sekolah. Disesuaikan dengan kondisi keuangan sekolah
-
Pengadaan/memperbaiki mebeuler , diantaranya penambahan bangku siswa, pengadaan rak buku untuk di perpustakaan, pengadaan loker guru,
-
Pemeliharaan gedung, pengecetan ruang kelas, Lab, WC dan kantor.
-
Pemasangan jaringan komunikasi.
d. Program Jangka Panjang
-
Penataan interior ruang guru
-
Pembangunan 1 buah post Satuan Pengaman (satpam) untuk lapang parkir sekolah
-
Pemasangan paving blok lapang parkir sekolah
-
Melakukan rehab lokal RKB rusak ringan
-
Perbaikan lantai tempat parkir motor guru
-
Perbaikan jalan masuk dengan pelur
-
Pengecatan lapangan olahraga (volley ball, basket) Penggantian satu set ring basket
-
Pengecatan pagar area lapangan parkir sekolah
-
Pengecatan bangunan
-
Pengadaan tanaman dan unsur unsur penunjang program adiwiyata seperti pembuatan biopori, green house, sumur resapan, pembelian pupuk, penataan ruang UKS dan penyelenggaraan workshop
3. Program Kerja Kehumasan
Program kerja humas yang diwujudkan melalui kegiatan-kegiatan humas membutuhkan upaya serius. Keterampilan yang diperlukan bukan hanya keterampilan substansial humas, namun juga kemampuan manajerial mengingat sifat kegiatan atau program kerja yang melekat pada rencana lembaga pendidikan. Untuk itu diperlukan perencanaan yang matang untuk mewujudkan program atau kegiatan humas.
Penyusunan program kerja ini akan digunakan sebagai dasar pijak dalam menjalankan tugas wakil kepala SMA Negeri 1 Cisarua Kabupaten Bandung Barat bidang Kehumasan. Terdapat dua klasifikasi berdasarkan waktu penyelenggaraannya yaitu program kerja rutin dan insidental.
Program kerja rutin berarti dilakukan terus-menerus sedangkan program kerja insidental bermakna hanya dilaksanakan pada periode tertentu untuk mendukung pelaksanaan semua program kerja.
A. Program Kerja Rutin
Program kerja humas rutin antara lain sebagai berikut.
-
Menginformasikan kegiatan sekolah kepada semua warga sekolah melalui grup Whatsapp.
-
Mengembangkan dan memelihara jaringan web sekolah.
-
Membuat podcast guru dan siswa.
-
Menyampaikan informasi kepada orang tua melalui wali kelas tentang kegiatan yang dilaksanakan di sekolah.
-
Menyampaikan informasi melalui media sosial seperti web sekolah, Instagram, Facebook, dan youtube channel.
-
Mengembangkan kerjasama/ link and match dengan DUDI (dunia usaha dan dunia industri).
-
Membuat statistik informasi kegiatan.
-
Mendokumentasikan foto dan membuat spanduk kegiatan.
-
Mengolah isu hubungan personil (antara guru-siswa-orang tua-pihak lainnya).
-
Membuat rekapitulasi siswa yang melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi dan kedinasan.
-
Menjembatani pertemuan ikatan alumni SMA Negeri 1 Cisarua Kabupaten Bandung Barat.
-
Bersama dengan kepala sekolah - pengawas sekolah - komite sekolah menyampaikan informasi kegiatan PPDB kepada masyarakat lingkungan sekitar / sekolah terdekat / dan pejabat pemerintahan.
-
Mengadakan kegiatan sosial kepada warga sekolah yang sakit atau terkena musibah.
B. Program Kerja Insidental
-
Memberikan layanan informasi kepada tamu.
-
Menghadiri rapat dinas yang mewakili kepala sekolah.
-
Menghadiri undangan untuk berpartisipasi dalam pameran pendidikan atau undangan lainnya.
-
Mengadakan acara perpisahan bagi tenaga pengajar yang purna tugas.
-
Mengadakan kegiatan out bond atau employee gathering.
-
Mengadakan studi banding dengan sekolah lain.
C. Produk Humas
Program atau kegiatan humas disajikan tidak hanya berupa format acara namun juga media dan produk-produk humas lainnya. Oleh karena itu lebih spesifik beberapa produk humas yang dikembangkan di SMA Negeri 1 Cisarua Kabupaten Bandung Barat.
-
Informasi kegiatan sekolah melalui media sosial seperti web sekolah (www.sman1cisarua.sch.id), Instagram (Sman1cisarua_) dan Facebook (Smansatu Cisarua).
-
Pembuatan Video Profil Sekolah dalam rangka promosi sekolah.
-
Pembuatan Laporan Buku Tahunan dan video berisi tentang kegiatan yang sudah dilaksanakan.
-
Pembuatan buletin Pendidikan yang dipublikasikan secara berkala setiap bulan.
-
Pembuatan majalah Pendidikan yang dipublikasikan secara berkala setiap semester.
-
Pendokumentasian setiap kegiatan yang dilaksanakan di sekolah.
-
Terjalinnya kerjasama dengan Lembaga Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta dan Lembaga Bimbingan Belajar.
-
Terjalin kerjasama dengan Instansi Pemerintah misalnya: Dinas Kesehatan (Puskesmas), Polri (Polsek dan Babinsa), dan lain-lain.
4. Program Kerja Kesiswaan
NO |
PROGRAM KEGIATAN |
TUJUAN KEGIATAN |
RENCANA KEGIATAN |
1.1 |
Kegiatan Harian |
1.1.1 |
Penegakan Disiplin sesuai Tata tertib sekolah |
Menumbuhkan kesadaran siswa hidup disiplin |
|
|
Pembiasaan/Penumbuhan karaker |
Menumbuh kembangkan budi pekerti siswa yang baik melalui pembudayaan ekosistem sekolah yang diwujudkan dalam gerakan literasi sekolah agar menjadi pembelajar sepanjang hayat. |
|
Senin : Nasionalisme/Upacara |
Selasa : Berpikir kritis/Literasi |
Rabu: Tilawah al-Qur’an/Religius |
Kamis : Adiwiyata/Peduli lingkungan |
Jum’at : Pengembangan diri. |
Shalat dhuhur berjama’ah |
Shalat dhuha |
1.1.2 |
Kelengkapan PSAS |
Membiasakan siswa hidup tertib |
|
1.1.3 |
Ijin Keluar-masuk siswa |
Membiasakan siswa hidup tertib |
|
1.1.4 |
Kebersihan Kelas |
Membiasakan hidup sehat dan bersih |
|
1.1.5 |
Absen Harian |
Untuk mengontrol kehadiran siswa di kelas supaya pencapaian akademik lebih maksimal |
|
2.1 |
Kegiatan Mingguan |
2.1.1 |
Razia Pakaian dan Rambut |
Disiplin berpakaian dan penampilan |
|
2.1.2 |
Razia HP |
Mengurangi resiko penggunaan media social Yang menyimpang dari aturan sekolah |
|
2.1.3 |
Upacara Bendera Senin |
Meningkatkan jiwa nasionalisme |
|
2.1.4 |
Pendidikan Karakter Solat Duha |
Untuk meningkatkan ketakwan terhadap Allah SWT |
|
2.1.5 |
Solat Jum’at |
Taat dalam melaksanakan kewajiban sebagai muslim |
|
|
|
3.1 |
Kegiatan Bulanan dan Tahunan |
|
|
3.1.1 |
Penyusunan Program Kesiswaan |
Memiliki perencanaan kerja yang dapat membawa perubahan dan peningkatan baik secara kuantitas maupun kualitas. Baik secara fisik maupun non-fisik. |
|
3.1.2 |
Pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) |
Melaksanakan penerimaan dan penyeleksian peserta didik baru, sehingga aspirasi masyarakat dapat terakomodir sesuai dengan juknis yang ada. |
|
3.1.3 |
Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) |
Pengenalan lingkungan sekolah kepada peserta didik baru, baik lingkungan sosial, budaya maupun lingkungan akademis, sehingga peserta didik dapat beradaptasi dengan baik terhadap lingkungan sekolah. |
|
3.1.4 |
Orientasi Pendidikan Kepramukaan |
Membentuk peserta didik yang bertaqwa, berkarakter, mandiri, bertanggungjawab dan berjiwa sosial |
|
3.1.5 |
Memperingati PHBN dan PHBI |
Menumbuhkan semangat patriotisme dan meningkatkan keimanan ketakwaan terhadap Allah SWT |
|
3.1.6 |
Pelaksanaan LDKS/Pemilihan OSIS |
Memberikan pelatihan dan bekal keorganisasian sekolah kepada peserta didik, sehingga menghasilkan peserta didik yang memimpin dan terpimpin. |
|
3.1.7 |
Penyelenggaraan PORAK |
Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam bidang olahraga dan seni sehingga dapat menghasilkan peserta didik yang kompeten dan mampu bersaing dengan peserta didik yang lainnya. |
|
3.1.8 |
Pelaksanaan Lomba OSN |
Menghasilkan peserta didik yang kompeten dalam bidang science dan teknologi, yang nantinya diharapkan dapat menjadi duta Indonesia untuk bersaing di tingkat Internasional. |
|
3.1.9 |
Pelaksanaan Lomba 02SN dan FLS2SN |
Menghasilkan atlet-atlet berbakat dan potensial tingkat sekolah, sehingga nantinya diharapkan dapat bersaing ke jenjang yang lebih tinggi lagi. |
|
3.1.10 |
Penyelenggaraan Pentas Seni |
Memberikan ruang dan waktu sekaligus uji kopetensi peserta didik dalam bidang seni sehingga kompetensi siswa merasa terapresiasi. |
|
3.2.0 |
Penyelenggaraan University Day |
Memperkenalkan dan memberikan wawasan tentang dunia perguruan tinggi sehingga peserta didik dapat dengan mantap dan mempunyai gambaran untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. |
|
3.2.1 |
Kunjungan Kelas X (Sabakota) |
Menambah wawasan siswa |
|
3.2.2 |
Study Tour Kelas XI |
Menambah wawasan siswa |
|
3.2.3 |
Mengikuti Lomba Lomba Ektrakulikuler |
Sebagai tolak ukur untuk siswa ber prestasi dibidang non akademik. |
|
3.2.4 |
Pelaksanaan Perpisahan Siswa Kelas XII |
Melepas dan mengukuhkan peserta didik kelas XII yang telah selesai belajar di SMAN 1 Cisaruadan dinyatakan lulus menjadi alumni. |
|
3.2.5 |
Pasantren romadon/Baksos |
Mengisi amaliah bulan romadon den untuk memperdalam ilmu agama |
|
4.1 |
Pembinaan Ekstrakulikuler |
4.1.1 |
Panahan |
Mempunyai program pembinaan yang tepat sasaran dan kompetitif sehingga dapat menghasilkan peserta didik yang bertaqwa, berjiwa sosial, cerdas, kreatif, inovatif, trampil, mandiri, bertanggungjawab dan berprestasi. |
|
4.1.2 |
SANCAPALA |
4.1.3 |
ROHIS |
|
4.1.4 |
PKS |
4.1.5 |
KIR |
4.1.6 |
Pramuka |
4.1.7 |
PMR |
4.1.8 |
Kewiwausahaan (SC) |
Mempunyai program pembinaan yang tepat sasaran dan kompetitif sehingga dapat menghasilkan peserta didik yang bertaqwa, berjiwa sosial, cerdas, kreatif, inovatif, trampil, mandiri, bertanggungjawab dan berprestasi. |
|
4.1.9 |
Olahraga Prestasi dan Non Prestasi |
|
4.2.0 |
Ekstrakurikuler Lingkung Seni Sunda(halimun) |
|
4.2.1 |
Ekstrakurikuler Teater |
|
4.2.2 |
Ekstrakurikuler Paduan Suara |
|
4.2.3 |
Ekstrakurikuler Paskibra (Ambaraua) |
|
4.2.4 |
Ekstrakurikuler Jurnalistik (Genus) |
|
4.2.5 |
Apel Hijau (adiwiyata) |
|
4.2.6 |
KLIPS |
|
4.2.7 |
Komputer Klub |
|
4.2.8 |
English Club |
|
4.2.9 |
Japanese Club |
|